Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Tasikmalaya telah lama sejak lama dikenal sebagai kota kerajinan tangan salah produk yang terkenal dari Tasikmalaya adalah payung geulis.
payung-geulis-antik-tasikmalaya
Payung geulis Tasikmalaya terbuat dari kayu dan kertas bukan payung biasa yang terbuat dari besi dan plastik , payung geulis tasikmalaya merupakan sebuah ornamen hiasa yang menonjolkan keindahan. Salah satu sentra kerajinan payung geulis terletak di Desa Panyingkiran, Indihiyang. Pada masa keemasan payung geulis hampir semua warga di daerah Panyingkiran memproduksi kerajinan yang telah ada sejak zaman Belanda ini. Kini di Desa Panyingkiran hanya tinggal 2 orang pengusaha industri rumah tangga yang tetap memproduksi payung geulis.
payung-geulis-tasikmalaya

Payung geulis Tasikmalaya memiliki ciri khas warna yang mencolok serta ornamen lukisan yang mempercantik. Motif yang menjadi andalan adalah bunga. Cara pembuatan payung geulis sendiri cukup sederhana mulai dari pembuatan rangka kayu menggunakan benang yang kemudian di pasang kertas, kain atau plastik menggunakan lem. Proses yang paling rumit adalah saat membuat rangka diperlukan keahlian khusus dalam pembuatannya dan belum cukup banyak tenaga kerja yang ahli dalam melakukannya.

payung-geulis
Setelah selesai pembuatan rangka dan pemaangan kertas, payung geulis diberi motif untuk mempercantik terdapat dua motif yang dipakai geometris dan non geometris. Ciri dari lukisan payung geulis yang bermotif geometris adalah menonjolkan ornamen lukisan berbentuk bangun seperti garis lurus, lengkung dan patah sedangkan motif non geometris di inspirasi dari alam seperti lukisan manusia, hewan dan tanaman. Sering perkembangan dan permintaan pasar saat ini motif lukisa mulai dipadukan dan dikembangkan dengan lukisan cat minyak, batik atau bordir. Di zaman Belanda payung geulis digunakan kaum bangsawan untuk melindungi diri dari panas dan hujan, kini payung geulis Tasikmalaya hanya digunakan saat upacara adat atau dijadikan sebagai hiasan.
payung
Jika tertarik pada kerajinan yang satu ini anda dapat datang langsung ke sentra kerajinan payung geulis di daerah Indihiyang sekitar 5 km dari pusat kota Tasikmalaya untuk melihat langsung bagaimana kerajinan ini dibuat dan dapat memilih langsung berbagai motif yang ada sesuai dengan selera keindahan kita.

About adstasik

Media informasi dan Promosi Kota Tasikmalaya | City Direktori in Tasikmalaya | Info Update Persib Bandung | Lowongan Kerja Tasikmalaya | Info Wisata - Kuliner Tasikmalaya | Promosikan Usaha dan Jasa Anda bersama kami, Media Online adsTasik
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top