Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Tasikmalaya menjadi kota dengan angka inflasi tertinggi di Jawa Barat. Inflasi di Provinsi Jawa Barat pada Januari 2016 ini mengalami kenaikan sebesar 0,59 persen. 


Hasil ini dihitung berdasarkan gabunan dari tujuh kota besar yakni Bandung, Cirebon, Bekasi, Depok, Bogor, Sukabumi, dan Tasikmalaya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, Kota Tasikmalaya menjadi penyumbang inflasi terbesar. Secara umum Kota Tasikmalaya memiliki kenaikan inflasi sebesar 0,93 persen.

"Inflasi tertinggi di Kota Tasikmalaya yakni 0,93 persen," kata Kepala BPS Jawa Barat Bachdi Ruswana di gedung BPS Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (1/2).

Menurutnya, diperkirakan Kota Tasikmlaya masih bermasalah dalam segi ketersediaan. Di mana dalam inflasi harus ada keseimbangan antara ketersediaan dan permintaan.

Dapat dikatakan, ujar dia, di Tasikmalaya permintaan beberapa komoditas utama tinggi. Namun ketersediaan yang tidak memadai sehingga memicu kenaikan harga.

Seperti dipaparkannya, kenaikan paling besar terjadi pada kelompok bahan makanan. Sub kelompok buah-buahan dan daging menjadi penyumbang kenaikan tertinggi di Kota Tasikmalaya yakni di atas tujuh persen.

Namun, ujar dia, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Kenaikan inflasi menunjukkan gejolak ekonomi di daeah tersebut. Tasikmalaya sedang berkembang dari segi ekonomi yang mulai bergairah.

"Kalau suatu daerah inflasinya rendah berarti perdagangan kurang bagus. Kalau naik berarti sedang bergairah di sana," ujarnya.

Namun yang perlu dijaga adalah inflasi yang tetap stabil. Tidak melambung terlalu tinggi yang bisa menyengsarakan rakyat. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga ketersediaan kebutuhan di pasar.

Sementara Kota Tasikmalaya menjadi penyumbang inflasi tertinggi, kota besar Bekasi justru menjadi daerah yang kenaikannya paling rendah. Bekasi memberikan sumbangsih sebesar 0,37 persen.

Kota Bandung mengalami kenaikan inflasi sebesar 0,53 persen, Kota Bogor 0,88 persen, Kota Sukabumi 0,67 persen, Kota Depok 0,68 persen, dan Kota Cirebon 0,50 persen.

About bisnis tasikmalaya

Media informasi dan Promosi Kota Tasikmalaya | City Direktori in Tasikmalaya | Info Update Persib Bandung | Lowongan Kerja Tasikmalaya | Info Wisata - Kuliner Tasikmalaya | Promosikan Usaha dan Jasa Anda bersama kami, Media Online adsTasik
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top