Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pantai Pamayangsari merupakan salah satu obyek wisata bahari yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Pantai Pamayangsari Obyek Wisata di Tasikmalaya

Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang landai dengan panorama alam pesisir yang khas. Lokasi pantai ini berbatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindungi. Di sebelah timurnya terdapat pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Hal ini menjadikan pantai ini menjadi tempat favorit wisatawan yang ingin menyantap hidangan laut yang segar dengan harga yang relatif terjangkau.

Setiap tahun tepatnya setiap awal bulan Muharam tahun hijriyah, dipantai ini selalu diadakan Ritual Syukur Laut yang ditandai dengan pelepasan Jampana ke laut lepas Pantai ini berjarak 8 km dari Pantai Cipatujah dan merupakan obyek wisata yang dilalui apabila melakukan perjalanan menyusur jalur Jabar Selatan dari Pelabuhan Ratu Sukabumi sampai Pantai Pangandaran Ciamis.

Hajat Lembur merupakan tradisi tahunan yang digelar para nelayan di Pantai Pamayangsari, Cipatujah, Kab. Tasikmalaya, yang merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME.

Bahkan, kemeriahan upacara tradisi kaum nelayan itu semakin terasa dengan ada nya berbagai hiburan seperti pentas dangdut, kesenian daerah yang digelar pemuda nelayan, juga adanya pasar malam.

Puncak acara perayaan Hajat Lembur digelar upacara adat dengan menampilan kesenian daerah. Kemudian sesaji yang ada dalam jempana diusung oleh para nelayan yang diarak penduduk kampung nelayan dan para pengunjung untuk dilabuh di tengah laut lepas di Pantai Pamayangsari.

Pada malam hari nya,acara dilanjut kan dengan pertun jukan kesenian tradi sional di tiap-tiap desa oleh kelompok nelayan yang bersangkutan.

Dengan semarak nya pergelaran upacara peringatan tradisi Hajat Lembur tersebut, maka diharapkan akan menarik perhatian wisatawan domestik untuk berkunjung ke objek wisata Pantai Pamayangsari Cipatujah yang tak kalah indah dibandingkan Pantai Pengandaran.

Syukur Laut
Syukur Laut di Pantai Pamayangsari Kec. Cipatujah pada tahun 1973 yang berganti-ganti nama kegiatan diantaranya : Hajat laut, Pesta Nelayan, Pesta pantai, Pesta Laut dan terakhir Syukur Laut.

Sesaji itu yang dahulu berupa Bunga 7 macam, Kepala Hewan Ternak/Sapi, Munding Bule atau Kepala Kambing Hitam yang dibungkus dengan kain putih dan jampana dihias sebagus mungkin lalu di labuh dilaut, seiring berjalannya waktu kini telah berubah hanyalah sebuah jampana kosong yang tetap dilabuh dilaut, yang satu hari sebelumnya seluruh nelayan setempat mengadakan pengajian (syukuran atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan penguasa alam semesta)

Sebelum acara melabuhkan jampana biasanya terlebuh dahulu diadakan prosesi upacara adat serta gelar seni dan budaya yang dihadiri oleh seluruh nelayan serta para undangan baik dari unsur pemerintah maupun unsur tokoh masyarakat dan ulama setelah selesai mengadakan prosesi seni dan budaya jampana diarak oleh seluruh nelayan dan tamu undangan yang antar oleh lengser, selanjutnya jampana tersebut dilepas oleh Pejabat Pemerintah kepada perwakilan nelayan yang akan melabuhkan jampana tersebut ke laut lepas, Acara syukur laut saat ini telah menjadi daya tarik bagi wisatawan dan telah menjadi agenda wisata.

Akses
Jarak dari Pantai Pangandaran sekitar 85 Km yang ditempuh melalui jalan yang menyusuri sepanjang pantai di wilayah selatan atau dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Pantai Pangandaran. Untuk menuju ke tempat ini dapat menggunakan kendaraan Umum (Bis Mikro) dari Terminal Tipe A Tasikmalaya jurusan Tasik.

About bisnis tasikmalaya

Media informasi dan Promosi Kota Tasikmalaya | City Direktori in Tasikmalaya | Info Update Persib Bandung | Lowongan Kerja Tasikmalaya | Info Wisata - Kuliner Tasikmalaya | Promosikan Usaha dan Jasa Anda bersama kami, Media Online adsTasik
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top