Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Hasil riset yang ditunjukan oleh Similarweb.com, kini Wikipedia mulai sepi pengunjung. Situs ensiklopedia tersebut dilaporkan telah kehilangan sekitar 300 juta pengunjung sejak awal tahun 2015 ini. 

wikipedia

Wikipidia merupakan sebuah situs ensiklopedia yang sangat popular karena memiliki cakupan informasi dan luasnya dukungan bahasa yang dimiliki. Situs ini didirikan tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger dan selalu menjadi Top 10, hingga pada tahun 2014 masuk dalam 5 besar.


Namun sayang, memasuki 2015, jumlah pengunjung Wikipedia mulai menurun. Posisi mereka di daftar situs paling banyak dikunjungi kini sudah tersusul oleh Instagram.com.



Pendiri Wikipedia Jimmya Wales memang menampik bahwa situs ciptaannya itu sudah ditinggal pengguna. Ia meyakini bahwa hal ini hanya akan terjadi sementara, dan semuanya akan kembali normal. Wales juga mengklaim bahwa situsnya masih memiliki 3 miliar pengunjung aktif per bulannya.



Menurut sejumlah pengamat bahwa penurunan akses menuju Wikipedia adalah  salah  Google. Karena situs pencari Google dapat memberikan beragam informasi dari berbagai sumber yang ditampilkan. 



Diprediksi, semakin banyak pengguna yang mencari refrensi dari sumber lain di luar Wikipedia. Jejaring sosial dan blog telah menjadi alternatif tujuan pengguna untuk merangkum informasi, terutama di era perangkat mobile seperti sekarang ini.



Selain itu, hasil riset Similarweb.com juga mengungkapkan penyebab lain merosotnya trafik Wikipedia. Menurut data yang didapat, penurunan trafik Wikipedia mulai terlihat sejak mereka mengubah penggunaan format HTTP ke HTTPS.



Perubahan ini bertujuan untuk mengamankan laman Wikipedia dari hacker karena telah dilengkapi fasilitas sistem keamanan terenkripsi agar tidak mudah diretas. Demikian seperti yang dilansir laman Business Insider, Selasa (1/9).

About Unknown

Media informasi dan Promosi Kota Tasikmalaya | City Direktori in Tasikmalaya | Info Update Persib Bandung | Lowongan Kerja Tasikmalaya | Info Wisata - Kuliner Tasikmalaya | Promosikan Usaha dan Jasa Anda bersama kami, Media Online adsTasik
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top